Kamis, 21 Maret 2013

Pengertian Harddisk dan Fungsi Harddisk

Apa itu Pengertian Harddisk dan Fungsi Harddisk Pada Komputer - Harddisk merupakan salah satu prangkat keras yang terdapat pada perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dan termasuk dalam memory external dalam sebuah komputer, harddisk terbagi menjadi dua yaitu Hardisk External(dalam) dan Harddisk Internal (luar). untuk harddisk external adalah harddisk yang terletak didalam perangkat komputer dan harddisk internal adalah harddisk yang terletak diluar perangkat komputer yang terhubung dengan USB atau kabel data
Fungsi Harrdisk Pada Komputer adalah sebagai media penyimpanan external maupun internal dalam perangkat komputer dengan kapasitas yang besar untuk menyimpan data, Harddisk merupakan media penyimpanan terbaik yang memiliki mekanisme yang berbeda dari media penyimpanan yang lain seperti Disket, CD, DVD, Flashdisk dan media penyimpanan lainnya
gambar harddisk, pengertian harddisk
Gambar Harddisk
Bagian-Bagian Hardidisk
  1. Platter Berbentuk sebuah Pelat atau piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data dan Berbentuk bulat yang merupakan cakram padat dan memiliki pola-pola magnetis pada sisi permukaanya.
  2. Spindle merupakan poros tempat meletakan platter.Poros ini memiliki sebuah penggerak yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk yang disebut dengan spindle motor.Spimdle inilah yang berperan ikut dalam menentukan kualitas harddisk karena makin cepat putaranya,berarti makin bagus kualitas harddisknya.Satuan untuk mengukur perputaran adalah Rotation Per Minutes atau biasa disebut RPM.Ukuran yang sering kita dengar untuk kecepatan perputaran ini antara lain 5400 RPM,7200 RPM atau 10000 RPM.
  3. Head berberfungsi untuk membaca data pada permukaan pelat dan merekam informasi ke dalamnya, Setiap pelat harddisk memiliki dua buah head Satu di atas permukaan dan satunya lagi dibawah permukaan, Head ini berupa piranti yang elektromagnetik yang ditempatkan pada permukaan pelat dan menempel pada sebuah slider.Slider melekat pada sebuah tangkai yang melekat pada actuator arms.Actuator arms dipasang mati pada poros actuator oleh suatu papan yang disebut dengan logic board.
  4. Logic Board merupakan papan pengoperasian pada hardisk, dimana pada logic Board terdapat Bios Hardisk sehingga hardisk pada saat dihubungkan ke Mother Board secara otomatis mengenal hardisk tersebut, seperti Maxtor, Seagete.
  5. Ribbon cable adalah penghubung antara Head dengan Logic Board, dimana setiap dokumen atau data yang di baca oleh Head akan di kirim ke Logic Board untuk selanjutnya di kirim ke Mother Board agar Processor dapat memproses data tersebut sesuai dengan input yang di terima.
Jenis-Jenis Hardisk
  1. ATA/IDE/EIDE)
  2. Serial ATA (SATA)
  3. SCSI (Small Computer System Interface)
  4. SAS, IEEE 1394
  5. USB
  6. Fiber Channel
Untuk media penyimpanan pada komputer ada banyak macamya seperti Flaashdisk, CD, DVD, Disket dll, tetapi media penyimpanan tersebut sangat terbatas kapasitasnya dan lebih rawan akan kerusakan sedangkan harddisk selain kapasitasnya yang besar dan tidak mudah rusak karena harddisk terletak dalam komputer itu sendiri atau dalam CPU,

2 komentar: