Kamis, 21 Maret 2013

PPENGERTIAN NIC ( NETWORK INTERFACE CARD )

Sebuah network interface card (kartu antar muka jaringan), lebih sering disebut sebagai NIC, merupakan perangkat yang memungkinkan komputer untuk bergabung dalam sebuah LAN, atau local area network. Jaringan komputer berkomunikasi satu sama lain menggunakan protokol tertentu atau bahasa yang sama untuk transmisi paket data antara mesin yang berbeda, dikenal sebagai node. Network interface card bertindak sebagai penghubung bagi mesin untuk dapat saling mengirim dan menerima data pada LAN.
Bahasa yang paling umum atau protokol yang digunakan pada LAN adalah Ethernet, kadang-kadang disebut sebagai IEEE 802.3. Sebuah protokol LAN lainnya yang jarang digunakan adalah Token Ring. Ketika membangun sebuah LAN, network interface card harus diinstal pada setiap komputer dalam jaringan dan semua NIC di jaringan harus menggunakan arsitektur yang sama. Sebagai contoh, semua harus menggunakan Ethernet card, Token Ring card, atau teknologi alternatif lainnya.
Sebuah network interface card Ethernet dipasang pada slot yang tersedia dalam komputer. NIC memiliki alamat unik yang disebut MAC (media access control) untuk mesin. MAC address pada jaringan digunakan untuk lalu lintas langsung antara komputer. Bagian belakang sebuah kartu antarmuka jaringan memiliki port yang terlihat mirip dengan jack telepon, tetapi sedikit lebih besar. Port ini dapat dipasangi sebuah kabel Ethernet, yang lebih besar dari kabel telepon standar. kabel Ethernet harus dipasang pada setiap kartu antarmuka jaringan dan ujung kabel lainnya dipasang pada sebuah hub atau switch. Hub atau switch bertindak seperti relay, melewatkan informasi antara komputer dengan menggunakan alamat MAC dan memungkinkan sumber daya seperti data, printer dan scanner untuk digunakan bersama.
Sebuah kartu antarmuka jaringan tidak harus selalu menggunakan kabel fisik. Kartu Ethernet nirkabel dipasang seperti kartu ethernet kabel pada komputer, tetapi tidak memiliki port untuk kabel Ethernet, tetapi sebuah antena kecil. Kartu tersebut akan berkomunikasi dengan switch atau hub nirkabel melalui gelombang radio. Wireless LAN memiliki beberapa keterbatasan jangkauan tergantung pada bahan yang digunakan pada bangunan. Sebagai contoh, penghalang dinding dapat memblokir sinyal antara kartu antarmuka jaringan dengan hub atau switch.
Ketika membeli komponen-komponen untuk LAN, pastikan NIC dan hub atau switch memiliki kemampuan yang sama. Versi baru perangkat keras sudah memungkinkan untuk mendukung lebih banyak fitur dan / atau kecepatan yang lebih tinggi dari versi lama. Pastikan switch atau hub dapat memanfaatkan kemampuan tertinggi dari kartu antarmuka jaringan, ini sebaiknya menjadi pertimbangan dalam membeli NIC card.
Bagi yang ingin menghubungkan LAN yang terletak di berbagai wilayah kota, kabupaten, provinsi atau negara, ATM (asynchronous transfer mode) dapat menjadi solusi untuk membuat jaringan luas atau WAN dengan menghubungkan beberapa LAN. LAN dibangun dengan menggunakan kartu antarmuka jaringan pada setiap komputer dalam jaringan, tapi ATM menggunakan akses internet broadband untuk menghubungkan LAN ke switch ATM online. Jenis ATM WAN seperti ini disebut  sebagai Internetwork.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar