Jumat, 28 September 2012

hardware komputer

Processor
Microprocessor atau yang biasa disebut processor adalah otak yang mengatur kerja sebuah komputer. Artinya, seluruh aktivitas sebuah komputer dikontroldandiperintah oleh processor.

Motherboard
Motherboard atau biasa disingkat MB, adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunyai slot-slot untuk kkomponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan saling bekerja sama dengan baik.

RAM (Random Access Memory)
RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan tinggi.

VGA (Video Graphics Array) Card
VGA Card adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh user/ pengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli Graphics Adapter. Namun karena berkembang standar baku yang dikembangkan oleh IBM, yaitu standar VGA, maka komponen ini lebih dikenal dengan sebutan VGA Card.

Hardisk Drive
Hardisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC, karena pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada pada PC disimpan. Semakin cepat putaran sebuah hardisk, maka semakin cepat pula data yang dapat ditransfernya.

Floppy Disk Drive
Floppy Disk Drive atau yang lebih dikenal dengan FDD adalah alat untuk membaca dan menuliskan data yang tersimpan di sebuah floppy disk (disket).

CD-ROM dan DVD-ROM
CD-ROM dan DVD-ROM adalah alat untuk membaca data dari media CD atau DVD. Karena bersifat ROM (Read Only Memory), maka alat ini hanya mampu membaca data saja. Namun akhir-akhir ini berkembang teknologi penulisan CD, sehingga muncul yang disebut CD-RW dan DVD-RW. CD-RW dan DVD-RW ini, selain dapat membaca (read) dat dari media CD dan DVD, juga mampu menulis (write) data ke dalam media tersebut.

Network Adapter
Network Adapter bisa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), LAN (Local Area Network) Card, dan Ethernet Card. Natwork Adapter adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Berkomunikasi disini bukan berarti bercakap-cakap, melainkan bertukar data dan sumber daya lainnya (mislanya pemakaian printer bersama-sama).

Sound Card dan Speaker
Sound Card juga biasa disebut dengan AudioCard. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh pengguna komputer melalui speaker yang dihubungkan dengan Sound Carsd tersebut.

Power Supply dan UPS
Power Supply adalah komponen PC yang mengatur supply istrik dari PLN ke komponen didalam PC. Selain Power Supply, dikenal pula komponen lain yang bernama UPS (Uninterruptible Power Supply). Alat ini merupakan alat yang berdiri sendiri diluar PC yang berguna untuk menyuplai tenaga listrik tanpa henti, meskipun sumber listrik PLN sedsang mati. 

Keyboard
Keyboard adalah alat input utama dari sebuah PC selain mouse. Melalui keyboards ini kita dapat memberikan instruksi kepada komputer undtuk mengerjakan sesuatu yang kita inginkan. Keyboard dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard serial dan keyboard PS2. Yang membedakannya hanyalah konektor kabelnya saja. Untuk yang serial berbentuk kotak, sedsangkan yang PS2 berbentuk bulat.

Mouse
Karena bentuknya seperti seekor tikus, alat ini disebu dengan mouse. Sebenarnya alat ini adalah komponen input yang memungkinkan pointer bergerak ke segala arah. Alat ini mempunyai bola untuk menggerakkan pointer dan dsilengkapi dengan minimal 2 tombol untuk melakukan clicking, yaitu tombol kiri dsan tombol kanan.

Scanner
Scanner adalah alat yang berfungsi untuk mencitrakan sebuah foto atau benda 3 dsimensi ke dalam wujud sebuah file gambar digital, sehingga kita dapat melakukan editing gambar dengan aplikasi image editor seperti Photoshop, Corel, dssb. Alat ini hanya aksesoris saja, dsan tidak harus ada dalam sebuah PC.

Monitor
Monitor adalah komponen untuk menampilkan apa yang sedang diproses oleh PC dalam bentuk visual, sehingga dengan mudah kita dapat memahaminya.

Printer
Printer adalah uotput dsevice utama untuk menghasilkan output dalam bentuk cetakan (handcopy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar